Wednesday 11 November 2015

Enzim, pengertian enzim, cara kerja enzim





Enzim adalah suatu makromolekul (protein) yang mempercepat suatu reaksi kimia dalam tubuh makhluk hidup. Enzim berfungsi menurunkan energi aktivasi dalam setiap reaksi yang terjadi. Namun enzim tidak ikut tereaksi dengan kata lain enzim adalah alat bantu dalam proses reaksi yang dapat mencegah keluarnya energi dengan kadar yang banyak.

Cara kerja enzim berhubungan dengan kesiapan enzim, Untuk dapat bekerja sesuai dengan fungsinya, enzim harus berada dalam kondisi aktif dan sempurna. Enzim yang sempurna adalah enzim dalam bentuk Apoenzim dan Koenzim dan holoenzim.

Apa yang di maksud Apoenzim dan holoenzim?
Enzim memiliki bentuk dan tersusun dari dua bagian yang saling berpasangan, ketika pasangan enzim ini di pisahkan maka akan berada dalam kondisi tidak aktif.  bentuk enzim yang tidak aktif ini disebut zimogen sedangkan bentuk enzim saat aktif di sebut Apoenzim, Koenzim dan holoenzim.


Apoenzim adalah bagian protein pada enzim, bersifat tidak tahan panas, yang berfungsi menentukan kekhususan dari enzim. Atau bersifat spesifik.

Koenzim adalah ko-faktor yang berupa molekul organik kecil dari enzim merupakan bagian enzim bersifat tahan panas, mengandung ribose dan fosfat, serta larut dalam air.

Struktur pada bagian Apoenzim dan Koenzim  tidak berubah baik sebelum dan sesudah reaksi. Maka peran serta enzim dalam suatu reaksi tidak akan mempengaruhi kesetimbangan reaksi.

Bagaimana cara mengaktifkan enzim?
Enzim disintesis (diaktifkan) dalam bentuk calon enzim yang tidak aktif, saat akan mengaktifkan enzim butuh lingkungan yang tepat. Seperti dalam definisi enzim yang merupakan makromolekul (protein) jadi komponen penyusun utama pada enzim adalah protein, tidak sembarang protein yang dapat membentuk enzim tapi ada kekhususan syarat protein untuk menjadi enzim.

Enzim dibentuk dalam protoplasma sel. Kebanyakan dari enzim bersifat endoenzim yang beraktifitas di dalam sel tempat sintesis. Sedangkan enzim yang beraktifitas diluar sel tempat sintesis disebut eksoenzim. Seperti barang enzim juga di beri nama, nama enzim sesuai dengan nama substrat yang di bentuk atau reaksi katalis. Enzim bekerja pada substrat,suhu dan PH tertentu.

Suatu rangkaian reaksi tidak dapat berlangsung hanya dengan melibatkan satu jenis enzim. Tapi perlu melibatkan beberapa jenis enzim yang telah terpolar secara teratur dalam satu sistem. Perbedaan jenis gen menyebabkan terjadinya perbedaan respons makhluk hidup terhadap lingkungan, enzim pula lah yang juga camput tangan akan perbedaan reaksi pada makhluk hidup. Untuk itu ada orang yang tinggi atau kurang tinggi, panjang tumbuhan, atau pendek tumbuhan, kekuatan gigi, dll


No comments:

Post a Comment

Popular Posts