Thursday 12 November 2015

waspadai gejala stroke



Sudah banyak orang yang menderita stroke khusus pada orang dewasa berumur 40 tahun ke atas, jika di bayangkan sangatlah menakutkan penyakit ini karena orang yang terserang penyakit stroke mengalami kecacatan. Tidak terbayangkan penyakit ini langsung saja menyerang pada tubuh.

Definisi Stroke, stroke adalah serangan otak dan merupakan kedaruratan medik. Segeralah pergi ke dokter bila mendadak mengalami salah satu gejala berikut :
Lemah atau lumpuh sebelah badan
Rasa baal sebelah badan
Gangguan berbicara
Kehilangan penglihatan
Kehilanagan keseimbangan

Stroke dapat disebabkan oleh berbagai hal. Antara lain hipertensi, sakit jantung, kolesterol tinggi, diabetes melitos (kencing manis), obesitas (kegemukan), kebiasaan merokok dan sering minum alkohol. Penderita hipertensi ber[eluang terserang stroke empat kali lebih besar daripada bukan penderita hipertensi.


Umumnya stroke terjadi pada orang, berusia pada 40 tahun ke atas.
Seorang yang terkena stroke harus sering mendapat penanganan medis. Dengan pemberian terapi yang tepat, dan diharapkan sel otak yang rusak masi tetap dapat diselamatkan.

Walaupun bukan penyebab kematian nomor satu namun stroke adalah penyebab kecacatan nomor satu. Peluang hidup penderita stroke relatif baik tapi kualitas hidupnya memburuk. Hal ini disebabkan akibat kecacatan yang membuat penderita mengalami keterbatasan aktivitas dan depresi.

Untuk mencegahnya di mulai dari dini mari jaga kesehatan dengan makan teratur serta memenuhi gizi dan olahraga minimal 30 menit per hari, agar badan sehat dan segar.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts