Friday 2 October 2015

ayo senam mata Cara mengatasi mata lelah dengan senam mata dan pijat mata



Alat indera merupakan bagian terpenting dalam susunan tubuh manusia, alat-alat indera seperti mata,telinga,hidung dan kulit memiliki karakteristik masing-masing dengan bagian-bagian yang dapat menerima rangsangan dari luar dan menghasilkan reaksi yang berbeda.

Ketika rangsangan-rangsangan dari luar diterima , ujung-ujung saraf atau sel-sel indera meneruskan berita ke serabut-serabut saraf sensorik, kemudian di teruskan ke pusat saraf. Selanjutnya di pusat  susunan saraf di proses dan diartikan.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai alat indera pada kali ini saya akan membahas salah satu nya yaitu mengenai alat indera penglihatan (mata), banyak orang mengatakan mata adalah jendela hidup, ya,,, benar mata adalah jendela hidup dengan mata kita dapat melihat berbagai bentuk, kita dapat melihat indahnya pemandangan atupun lautan yang biru, sunset , malam dengan bintang dan juga kita dapat melihat seseorang ketika sedang marah, menangis, tersenyum dan banyak gambar yang telah di tangkap oleh alat indera ini.

Pada manusia alat indera ini terletak dalam rongga mata yang dilapisi lemak,mata dilindungi pula oleh kelopak mata berguna untuk melindungi mata dari debu dan benda asing lainnya, adapun air mata berguna untuk menjaga kelembaban mata dari kekeringan dan membantu mengeluarkan kotoran.

Bagian-bagian mata :
·         Kornea
·         Selaput pelangi (iris)
·         Lensa
·         Retina
·         Bintik kuning
·         Bintik buta

Ketika rangsangan cahaya dari luar diterima oleh sel-sel penglihatan maka akan diteruskan oleh serabut-serabut saraf yang membentuk urat saraf mata yang kemudian diteruskan ke pusat penglihatan di otak besar. 

Kesan penglihatan baru akan timbul setelah rangsangan yang diterima di pusat penglihatan diolah dan diartikan, sebelumnya pada mata kiri dan kanan memiliki kesan berbeda pada penampakannya namun kedua bayangan itu diolah sehingga lebih sempurna.

Nah bagaimana jadinya jika aktivitas mata terlalu berlebih,aktivitas mata berlebih yang sering terjadi mungkin akibat terlalu sering menggunakan gadget dengan fokus mata yang salah, menonton tv terlalu dekat, menggunakan laptop terlalu lama itu sangat mungkin bisa membuat mata lelah.
Dr. Surya Utama, SpM spesialis mata Eka Hospital mengatakan “mata lelah adalah aktivitas penglihatan pada jarak dekat termasuk menengah seperti saat membaca,menjahit dan juga aktivitas jarak menengah seperti beraktivitas dengan monitor”

Ada beberapa otot-otot mata yang mungkin mengalami kelelahan diantaranya ada otot mata bagian luar,otot pada iris mata dan otot pada lensa. Pada tiga otot mata ini akan selalu bekerja ,dampak lain akibat aktivitas mata mulai lelah yang tidak di istirahatkan dapat menimbulkan pusing.

Lalu apa yang harus saya lakukan ketika mata mulai lelah?
1.      Istirahat minimal satu jam saat mata mulai terasa lelah
2.      Memfokuskan mata pada jarak jauh
3.      Memijat sekitar mata, berguna agar sirkulasi peredaran darah lancar
4.      Melihat pohon-pohon, dedaunan atau warna-warna yang menentramkan mata
5.      Senam mata

Untuk lebih mengetahui bagaimana tips pijat mata dan senam mata berikut uraiannya
1.      Pijat mata 

Lakukan menggunakan jari telunjuk,pijat ringan, pijat memutar jangan terlalu keras
·         Pijat di bawah kelopak mata 3x balikan,pijat ringan
·         Tulang kelopak bawah mata 3x balikan,pijat ringan
·         Di atas tulang hidung pijat-pijat ringan
·         Di atas alis hingga samping alis,dan di bagian samping alis pijat memutar



2.      Senam mata

Tujuan senam mata adalah membuat mata menjadi elastis dan kuat sehingga diharapkan mata menjadi segar





1.      Gerakan mata keatas dan kebawah
2.      Lirik arah kanan dan kiri
3.      Lirik Kanan bawah kiri bawah
4.      Lirik Kanan atas kiri atas
5.      Lirik kanan bawah kiri atas
6.      Lirik kanan atas kiri bawah
7.      Memutar mata searah jarum jam
8.      Memutar mata balik arah jarum jam
 
Semoga penjelasan tentang mata, tips pijat mata dan senam mata di atas berguna untuk anda dan dapat membantu anda mengatasi kelelahan mata :) 

translet inggris 

No comments:

Post a Comment

Popular Posts